Cari Artikel

Memuat...

Arsip Dunia

Minggu, 13 Februari 2011

Inilah Perbedaan Ciuman Pria dan Wanita


Headline

Ilmuwan percaya ciuman mempengaruhi kualitas hubungan. Bahkan, bentuk ciuman pria dan wanita ternyata berbeda. Seperti apa?

Indra penciuman ternyata bertanggung jawab atas petunjuk bawah sadar kita terkait DNA orang lain dan status reproduksi seseorang. Ahli biologi Claus Wedekind mengatakan wanita paling tertarik pada bau pria yang memiliki sistem imunitas kode genetik berbeda dengan miliknya sendiri.
Ini dikenal dengan nama kompleksitas histokompatibilitas utama. Ini mungkin terkait potensi keberadaan anak yang memiliki tingkat keragaman genetik yang tinggi sehingga membuat manusia merasa lebih sehat dan kemungkinan bertahan hidup lebih besar.
Pria memanfaatkan ciuman untuk menyaring pasangan dan membuat diri mereka sendiri tampak menarik bagi lawan jenis. “Pria cenderung menilai ciuman sebagai sarana untuk mendapatkan kenikmatan seksual dan mempengaruhi posisi mereka dalam hubungan,” kata psikolog evolusioner Gordon Gallup dari University of Albany,
Di sisi lain, prempuan menilai ciuman sebagai alat untuk mendapatkan pengakuan sebagai pasangan. Memang, dalam studi tentang gaya berciuman pada pria dan wanita, Gallup menemukan pria lebih mungkin memulai kontak fisik dengan lidah daripada ciuman dengan bibir tertutup.
Salah satu teori yang menegaskan hal ini adalah pria memiliki sejumlah kecil testosteron dalam air liur mereka. “Dalam pertukaran cairan saliva (air liur), jejak testosteron dalam air liur pria bisa meningkatkan kadar testosteron perempuan sehingga meningkatkan kadar libido dan penerimaan wanita.
“Dalam hubungan jangka panjang, frekuensi berciuman merupakan barometer kesehatan dan kesejahteraan suatu hubungan,” kata Gallup lagi.
Dalam jangka panjang hubungan berkomitmen, perempuan menilai ciuman sebagai caa mengevaluasi tahapan hubungan mereka. Perempuan ternyata lebih menyukai ciuman sebelum, selama dan setelah berhubungan seks, dibandingkan pria.
Sederhananya, perempuan menilai ciuman sebagai suatu unsur ‘penting’ daripada pria untuk mencari pasangan potensial di masa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...